Kuliner Jakarta, Harga Kaki-Lima Rasa Bintang Lima

Diposting oleh Lia's Homepage , Jumat, 21 Mei 2010 14.27

1. GADING FOOD CITY
Lokasi : Jl. Kelapa Gading Boulevard, pas di sebelah Mal Kelapa Gading

Menu andalan: Seafood dong!

Budget: 30.000 - 40.000 perak per orang, pasti kenyang!

Nih tempat emang pantes disebut surga jajanan di wilayah Jakarta Utara.
Lha tempatnya aja gede banget! Di situ tuh ya, kalo dihitung ada kali sekitar 20 restoran. Dengan "anggota terbanyak" restoran seafood.
Pokoknya buat yang pengen buka puasa menyantap bermacam-macam hidangan khas laut, tinggal pilih aja mau makan di resto Bangkok 69, Sari 21, atau Sari Laut Ujung Pandang. Cuma seharga 10.000 per makanan, dijamin lidah bisa langsung bergoyang.

Buat yang nggak doyan seafood, tenang aja. Di sini juga ada kok kedai Bakmi Naga. Atau kalo mau makan steak, ke Rosewood Cafe dan DJ's Steak aja. Dua tempat ini abis-abisan nyediain berbagai macam jenis steak.
Murah lagi, cuma sekitar 20.000 sampe 30.000 gitu deh. Asik kan?

2. WISMA GADING PERMAI (APARTEMEN)
Lokasi: Pelataran parkir Wisma Gading Permai, Jl. Kelapa Gading Boulevard, dari arah Pulo Mas ada di sebelah kanan

Menu andalan: Semua makanan ada!

Budget: 30.000 perak dijamin "merem"

Masih di kawasan Kelapa Gading, masih ada satu tempat lagi yang kudu didatengin buat ngisi perut sehabis buka puasa. Letaknya nggak jauh kok dari Mal Kelapa Gading. Jenis makanan yang dijual di sini juga masih mirip dengan yang di Gading Food City, masih "dikuasai" seafood! Tapi jajanan di sini harganya bener-bener bersaing ketat.

Resto seafood di sini per makanan harganya rata-rata nggak nyampe 10.000 perak. Padahal yang jualan lebih berani bereksperimen. Kalo nggak percaya lo coba aja di masuk ke resto Kuotie 88, Seafood Sedap, atau Ratu Kepiting.

Jenis makanan lain yang beken di sini adalah makanan lokal. Kayak bubur ayam mie ayam, nasi liwet, lontong cap gomeh, sampe es campur dan es teler. Soal harga, sama aja kayak seafood, kurang dari ceban setiap jenis makanan!

3. NASI KAPAU SENEN
Lokasi: Jl. Kramat Raya, dari arah Gunung Sahari ke Salemba ada di sebelah kanan. Letaknya nggak jauh dari perempatan Senen

Menu andalan: Nasi kapau,lemang tape

Budget: 20.000 udah dapet semuanya

Pernah makan nasi padang? Nah, nasi kapau tuh sebenernya sama dengan nasi padang, sama-sama masakan padang! Hehehe.... Cuma bedanya, di sini lebih banyak makanan yang berkuah. Dan yang jadi menu andalan namanya gule kikil.

Soal harga nggak usah dipusingin, semua tergantung sama banyak lauk yang kita makan. Yang paling murah cuma 5000 perak per porsi, tapi kalo mau yang porsinya lengkap banget bisa sampe 17.000 perak sih.

Eits, masih ada satu lagi menu nadalan dari warung-warung di sini:
lemang tape! Enak banget tuh buat makanan pembuka. Rasanya segar kayak abis minum minuman bersoda gitu di tenggorokan. Hehehe....

4. KAFE TENDA BALAI PUSTAKA
Lokasi : Jl. Balai Pustaka Timur, dari arah Jl. Pramuka ke Jl. Pemuda, lampu merah kedua belok kanan

Menu andalan : Martabak favorit khas Bandung

Budget : 20.000 - 30.000 perak impas sama yang diterima

Buat yang jarang menyentuh daerah ini mungkin belum banyak tau kalo di daerah Rawamangun tuh ada banyak banget tempat makan. Salah satunya yang paling sohor ya tempat ini. Hampir semua jenis makanan ada, jack, di sini. Makanan ringan macam roti bakar ada, yang berat apalagi! Trus, makanan luar macam japanese food ada, yang tradisional kayak sate padang dan batagor juga ada.

Tapi, dari semua makanan yang udah disebutin tadi, ada satu makanan yang jadi andalan di jalan ini. Apalagi kalo bukan Martabak Favorit khas Bandung. Pelanggannya aja datang dari semua penjuru Jakarta lho! Selain rasanya dahsyat, harganya juga nggak mahal-mahal amat kok. Berkisar antara 19.000-25 000 aja per porsi. Apalagi rasanya bisa dipilih atau di-mix sesuai selera.
Mau rasa coklat, keju, sampe wijen.

5. SEAFOOD, NASI GORENG, & BAKSO BLOK S
Lokasi : Blok S, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Menu andalan : Seafood, nasi goreng, pecel ayam, pecel lele, bakso bola tenis, es podeng, somay

Budget : 20.000 perak puas banget... banget!

Di sepanjang Jl. Senopati hingga ke Jl. Suryo (arah Mampang), Kebayoran Baru tuh ada 3 jalan yang jadi lokasi tempat jajanan favorit. Dan masing-masing tempat jajanan punya spesialisasi sendiri.

Warung Kali Unggul di Jl. Rajasa bisa jadi pilihan penggemar seafood.
Warung Bakti dan Lalan di Jl. Bakti pas banget buat nyari nasi goreng dengan menu variatif. Trus, Warung Adi yang masakan pecel ayam dan pecel lele-nya top abis. Tapi yang paling komplit tentu aja di Jl. Birah (di seputaran lapangan bola Blok S). Mulai dari sate, bakso, mie bangka, somay, chinese food, jus aneka buah, sampe es podeng semua ada!

Hmm... kalo bisa sih semua tempat dicoba tuh. Soalnya semuanya enak!
Lagian, harganya terjangkau kok. Buat nyobain satu jenis makanan apa aja, nggak sampe 10.000 perak, itu juga udah plus minum.

6. AYAM GHANTARI & GULTIK
Lokasi : Persimpangan Jl. Bulungan & Jl. Mahakam

Menu andalan : Ayam bakar, gule sapi

Budget : Minimal 10.000 lah....

Dari tahun ke tahun setiap bulan puasa, menjelang jam beduk Maghrib lokasi ini pasti macet. Biang keroknya ya warung Ayam Bakar Ghantari itu! Ayam bakarnya emang top abis, jack. Udah gitu harganya pas banget lagi buat kantong kita. Nyobain satu ayam bakar plus nasi dan minum, cukup 10.000 perak aja. Makanya nggak heran kalo pengunjungnya sampe pada berebutan tempat!

Gimana kalo duit cekak? Ya nggak usah ke Ayam Bakar Ghantari! Ke sampingnya ja, penjual gule sapi. Dijamin deh, harganya lebih bersahabat. Lha seporsi cuma 3000 perak! Tuh dia sebabnya kadang suka disebut Gultik alias Gule Tikus. Hehehe....

Tapi nggak usah kuatir. Dagingnya asli sapi kok!

7. KAMPUNG TENDA SEMANGGI
Lokasi : Sudirman Central Business District (SCBD)

Menu andalan : Masakan Jawa, Sunda, sampe Eropa

Budget : 50.000-an kali yee....

Di sini nggak perlu bingung nyari tempat jajan. Soalnya Kampung Tenda Semanggi (KTS) emang sengaja diciptakan buat "tempat berkumpulnya"
berbagai kafe dan resto. Satu kelebihan nih tempat, suasananya comfy banget! Kalo bosen makan di dalam ruangan, bisa ke outdoor. Pokoknya enak buat kongko, enak juga buat buka puasa berduaan sama pacar.

Kafe atau restoran yang ada di sini semuanya juga oke, tergantung jenis makanan kayak gimana yang pengen dipilih. Kalo pengen makanan Jawa ada Wong Solo, buat makanan Sunda tempatnya ada di Dapur Sunda, sedangkan yang pilihannya lebih macem-macem ada di Dixie atau Comedy Cafe. Nggak perlu kuatir soal harga, rata-rata di semua cafe makanannya berkisar antara 15.000 sampe 30.000 aja kok.

0 Response to "Kuliner Jakarta, Harga Kaki-Lima Rasa Bintang Lima"

Posting Komentar

Family

Family

With Friends

Thankyou for visited my blog

Blog Archive